Sunday, August 25, 2013

Japan culture "Calligraphy"

Pada Tanggal 19 Agustus 2013, Konsulat Jendral Jepang Medan kembali mengadakan kegiatan kebudayaan di Fakultas Ilmu Budaya USU. Kali ini kegiatan ini bertemakan tentang kaligrafi. Wow, bagi teman teman pengemar kaligrafi pasti tertarik pada kegiatan ini. Apalagi kaligrafian yang diundang ini sangat terkenal dan berasal dari Jepang. Namanya adalah Takeda Souun.


Foto Takeda Souun

Takeda Souun adalah pria kelahiran tahun 1972. Karirnya dibidang kaligrafi dimulai dari jalanan. Sampai sekarang karyanya banyak dipakai baik di stasiun televise ataupun di dalam drama film. Setiap harinya beliau mengajar lebih kurang 300 orang kaligrafi.

Berikut adalah foto tulisan yang ditulis oleh Takeda – San :

tulisan Takeda San

Berikut adalah video demonstrasi penulisan kaligrafi Takeda-San :

Wah wah wah… hebat betul Takeda San, mampu menulis kaligrafi begitu indah. Saya sendiri yang juga belajar kaligrafi terkagum – kagum akan keahiannya. Selama workshop beliau selalu mengingatkan untuk relax ketika menulis, jangan terlalu tegang ketika menulis kaligrafi. Beliau juga mengatakan “menulis kaligrafi merupakan ekspresi perasaan kita kepada seorang ataupun kepada Yang Maha Kuasa”. Pada zaman dulu, wanita - wanita berusaha mengekspresikan perasaan mereka kepada orang yang mereka sukai melalui keindahan tulisan mereka. Namun sayangnya pada zaman ini, banyak warga jepang ataupun china tidak bisa menulis kaligrafi yang indah. Ini mungkin dikarenakan perkembangan teknologi.

Takeda San, menyuruh kami menuliskan 3 buah kata. Yang pertama adalah “Arigatou” atau dalam bahasa indonesianya adalah “Terima Kasih”. Yang kedua adalah kanji kokoro yang berarti hati. Yang ketiga bebas yang penting kata tersebut menggambarkan cita-cita ataupun impian. Kata yang ketiga, saya sendiri menulis “Sekai” yang berarti “dunia”. Semoga saya bisa mengelilingi dunia, menikmati segala keindahan dunia dan yang terakhir semoga saya bisa melihat kedamaian dunia. Heheheh agak aneh sih… tapi begitulah..

No comments:

Post a Comment