Saturday, April 8, 2017

Save money and Travelling


wanna travelling but not enough money.  ini merupakan statement yang sering saya dengar dari teman teman. Banyak dari kita yang mempunyai impian atau mimpi untuk mengelilingi dunia. tanpa terkecuali saya juga mempunyai mimpi untuk mengelilingi dunia. kalau hanya sekedar mimpi tapi tidak berusaha sampai kapanpun tidak akan terealisasi. kali ini saya akan membagikan tips kepada para traveller. Intinya kita harus bisa membedakan keperluan yang urgen dan penting sampai kepada keperluan yang tidak urgent dan tidak penting. apalagi bagi saya yang gajinya tak seberapa tapi hobi jalan jalan.

1. memangkas biaya yang tidak penting dan urgent.
contohnya. bagi teman yang suka minum kopi apalagi di starbuck or di warung kopi. untuk segelas kopi saja menghabiskan biaya 20 ribu - 50 ribu. kalau 1 bulan konsumsi 5 kali sudah 100 - 250 ribu. atau yang sering makan siang diluar bisa membawa bekal untuk mengurangi biaya ataupun kurangi jajanan. hemat untuk travelling bukan berarti g boleh keluar makan sama sekali. Boleh keluar makan tapi frekuensinya dikurangi. seperti 1 bln biasanya 10x klr mkn sama tmn dikurangi jadi 3x.

2. buat creditcard baru
untuk point ini, cari kartu kredit yang ada kerja sama dengan maskapai penerbangan. seperti cimb yang kerja sama dengan air asia atau citi bank yang kerja sama dengan garuda. sehingga setiap transaksi selain dr pembelian pesawat mendapatkan miles atau bigpoint yang dapat ditukar dengan tiket pesawat. lumayankan, setidaknya hemat biaya tiket pesawat oneway.

3. buat akun / tabungan baru
saat ini hampir semua bank memiliki produk tabungan mapan dimana tabungan ini akan mendebet sesuai jumlah dan lama waktu yang suda disepakati saat pembukaan rekening baru. saya sendiri membuat akun tersebut sebanyak 4 buah dengan target yang berbeda.



No comments:

Post a Comment