Wednesday, July 6, 2016

Visit Cameron Highland, Malaysia

3 Days 2 Night Visit Cameron highland.
Hi traveller dan para pecinta alam.. kali ini saya mau share tentang trip ke negri tetangga Malaysia.. 

Berbicara tentang Malaysia, pasti yang terlintas dipikiran kita adalah Kuala Lumpur dan Penang.Kedua daerah ini merupakan tempat pertama yang dituju bagi beberapa traveller pemula. Begitu juga dengan saya yang pertama sekali keluar negri dan solo travelling, tentunya saya memilih daerah yang paling dekat dengan bahasa yang mudah dimengerti (secara bahasa inggris saya berantakan dan susah dimengerti... hahaha...).

Perjalanan ini dimulai tahun lalu, tepatnya bulan agustus 2015.. Kenapa bulan agustus? Mungkin bisa dikatakan waktu yang tepat untuk saya liburan adalah sekitar bulan 8 dan 10. Karena keterbatasan cuti, saya memilih bulan agustus bertepatan ada hari libur..Untuk merencanakan perjalanan ini memerlukan waktu yang cukup lama dan memeras otak... Melelahkan sih menyusun itenerary, namun saat liburannya menyenangkan...

Tanggal 15 Aug 2016
 
Rute penerbangan yang saya pilih adalah Medan-Penang then utk flight pulangnya adalah Kuala Lumpur-Medan. Rencana awal kepengen kuliner 1 hari di penang.. Namun rencana tersebut akhirnya dibatalkan karena keterbatasan waktu, bus dan efisiensi biaya. Satu malam saya berakhir di bandara penang.. Jujur ini baru kali pertama stay di airport sendirian.. Tak disangka bukan hanya saya sendiri, banyak juga yang stay di airport.. (cuma saya doank yang sendiri..T_T). Selama stay di airport sempat pindah2 tempat duduk berhubung sangat dingin..

Tanggal 16 Aug 2016

Ketika jam menunjukkan pukul 6 waktu setempat, saya mulai bersiap2 untuk melanjutkan perjalanan ke cameron highland.. Cukup menegangkan karena saya belum membeli tiket bus ke cameron highland.. Dari airport saya naik bus ke komtar... dengan harapan dapat masih ada tiket bus dan waiting bus disana sambil sarapan... Ternyata diluar dugaan, begitu sampai di komtar, tiket bus tidak ada alias sudah habis terjual beberapa hari yang lalu (Ohhh..Arghh... Sempat nyesal kenapa ga beli online saja..). Setelah agak tenang saya mulai menunggu bus ke sungai nibong (terminal bus). 

Sesampainya di terminalbus (sekitar jam 8 pagi) ada satu bus menuju cameron highland, namun sudah mau berangkat.. karena agak bingung mau beli tiket dimana.. akhirnya ada bapak bapak yang saperin (mungkin petugas bus kali ya..) dan tanya saya " mau kemana? kuala lumpur atau mana?".. Spontan saya menjawab "Cameron Highland". Bapak itu langsung menjawab "cepat cepat bus sudah mau jalan.. kalau sudah jalan mau tunggu lama baru ada bus lagi". Mendengar hal tersebut saya mulai panik, dan menjawab "tapi saya belum ada tiket.. mau pergi beli tiket.." Bapak itu langsung bilang " naik saja.. nanti saya bantu beli tiket.." Awalnya saya sempat berpikir bapak itu baik sekali mau bantu belikan tiket.. Ternyata saya harus membayar lebih utk tiket tersebut yang aturannya bisa 35 ringgit jadinya bayar 40 ringgit.. Tapi tak apa lah..pengalaman pertama dan setidaknya schedule yang sudah saya susun tidak berantakan..

Sekitar jam 8.30 bus berangkat.. Perjalanan menuju cameron highland lumayan jauh... seperti dari medan ke danau toba lebih kurang 4 jam.. Bus berhenti sekitar 20 menit di stasiun ipoh.. Bisa beli roti utk makan ataupun ke toilet. Setelah perjalanan jauh akhirnya sampai ke cameron highland.. Kalau dari Penang kota yang duluan sampai adalah brinchang then tanah rata.. disini saya belajar "Malu bertanya rugi sendiri".. Penginapan yang saya pesan terletak dibrinchang.. Karena takut bertanya dengan orang sekitar dan pak sopir apakah bisa berhenti dibrinchang... Alhasil saya menghabiskan 10 RM utk naik taxi dari tanah rata ke brinchang..

Sesampai di hotel dan check-in, hal pertama yang dilakukan adalah mandi kemudian membeli tiket utk pulang dari cameron highland to kuala lumpur.. Setelah tanya orang lokal dimana beli tiket, saya langsung pergi beli dan harganya 35 RM dan booking paket tour utk keesokan harinya. Paket tour bisa dibookiung lewat hotel atau lewat tour travel yang ada di tanah rata.. Apabila kita membeli paket tour dari tour travel yang ada di tanah rata, titik kumpulnya juga ditanah rata.. Saya membeli paket tour dari hotel dan dijemput dari hotel.. Lebih hemat ongkos dan ga takut ditinggal apabila telat bangun.. hahahhaa.

Jam pun sudah menunjukkan pukul 4 sore, masih tersisa waktu jadi saya pergi keliling tak jelas.. Maklum duduk2 dihotel bukanlah kebiasaan saya.. Cameron highland sendiri terkenal dengan bubuk teh, jadi sekalian cari ole2 utk dibawa pulang dan singgah sebentar ke time tunnel museum.. saya beli teh, notes unik, dan mainan anak2.. Balik ke hotel meletakkan barang belanjaan setelah itu langsung cari sesuatu untuk makan dan tidur... 

Jenis Paket Tour yang ada dicameron highland dan tiket bus Cameron Highland to Kuala Lumpur

Snooze Hotel  (Kamar mandi didalam)
Bagian depan hotel Snooze
Try to eat at that restaurant.. Yummy ^_^


Tanggal 17 Aug 2016
 
Bangun pagi dan mulai bersiap2.. Karena dijemput jam 9 pagi.. Paket tour yang saya ambil adalah paket tour 1/2 hari.. Harganya berkisar 40RM.. Paket tour yang saya ambil ini ada mengunjungi Brinchang Mt dan Mossy Forest. Tempat terakhir yang dituju adalah Butterfly farm (Tiket masuknya tidak termasuk dalam paket tour ini). Disini saya memisahkan diri dari kelompok dan mulai explore tempat yang disekitar seperti bee farm, rose center, orchid farm dan mall kecil yang letaknya tak jauh dari butterfly farm.. 

Setelah menjelajah akhirnya balik ke hotel.. kaki mulai pegal hujan pun mulai turun (ga deras sih..).. Sambil menunggu hujan reda, saya memanfaatkan fasilitas laundry di hotel.. Fasilitas laundry ini tidak gratis, untuk cuci dan bilas harus bayar 5 ringgit dan utk mengeringkan pakaian 4 ringgit.. Setelah selesai cuci dan beres2, hujan pun reda.. Mulai lagi deh jalan..Waktu pun sudah sore hapir jam 5.. Rencana mau ke cactus valley tapi sudah keburu tutup apa boleh buat.. Kemudian lanjut ke Sam Poh Temple.. Perjalanan kesana lumayan jauh.. sempat kesasar dan untungnya ada yang ks info mau lewat mana.. Perjalanan yg aturannya setengah jam berakhir menjadi 45 menit.. Sampai disana eh.. sudah tutup.. Tapi mereka mengijinkan saya lihat sebentar sebelum ditutup.. Lumayan setidaknya perjalanan tidak sia2.. Setelah itu cari makan malam dan packing utk keesokan harinya ke Kuala Lumpur..

Tanggal 18-19 Aug 2016

Maklum si telat.. Kali ini saya benar2 telat bangun dan untung busnya tidak meninggalkan saya... Ya sebagai gantinya dengar omelan dari bapak sopir... Perjalanan ke Kuala lumpur memakan waktu yang lama lebih laa dari waktu penang ke cameron.. 

Di kuala lumpur saya stay di rumah teman.. Lumayan hemat biaya penginapan... Sampai di KL sekitar jam 1 lwt..Karna teman saya blm pulang kerja, saya keliling tak jelas lagi.. dari stasiun bus jalan ke china town.. kenapa harus ke china town? Disana banyak hotel, bisa minta peta sama mereka dan banyak yang jual makanan.. hhahahhaha.. 

Setelah mengisi tenaga, saya mulai membawa ransel dan berjalan menuju little indian yang ada didaerah brickfield.. Ntah saya yang tak pande baca peta or bagaimana.. jarak yang terlihat dekat menjadi terasa jauh utk dijalani.. 2 Jam pun berlalu namu belum sampai brickfield.. Temanku pun sudah pulang kerja dan mulai menanyakan posisi saya dimana.. Saya hanya bisa menjawab "tidak tahu nama jalan, saya fotokan bangunan disekitar". Karena di KL terdapat banyak bangunan tinggi, saya mulai jalan lagi sampai menemukan sebuah mall dan foto ke teman saya..

Saya cuma stay di KL 2 hari 1 malam saja... dalam satu malam keliling ke bukit bintang, KLCC, Lot 10, Dataran Merdeka, Mesjid Jamek. Walaupun terasa singkat tapi menurut saya cukup menyenangkan..

No comments:

Post a Comment