Sunday, September 16, 2018

Bagan Siapiapi, Kota kecil di daerah rokan..



Hi., Travellers... Liburan lebaran kali ini saya ikut teman saya pulkam ke bagan siapiapi. Pada pernah dengar ga nama kota ini? Bagan siapiapi sering dikenal dengan nama Bayan. Bayan sendiri terkenal dengan wisata kuliner dan festival bakar tongkang. Banyak wisatawan dari dalam negri maupun luar negri datang ke bayan khusus menikmati lezatnya makanan dan festival bakar tongkang. 

Untuk mencapai bagan siapiapi bisa dari Medan ataupun dari Pekan Baru. Kalau saya kapan lalu berangkat dari medan membutuhkan waktu lebih kurang 15jam baru sampai di bagan siapiapi. Perjalanan kali ini kita pesan mobil dari bali tour atau A Travel dengan harga one way perorang 200ribu dan satu mobil biasanya muat paling maksimal 8 orang termasuk supir. Guys mobilnya sudah ber-ac loh. 



Walaupun bagan siapiapi termasuk salah satu kota kecil, tapi bagan siapiapi tidak kalah dengan kota lainnya. Di kota ini terdapat 4-6 hotel. Bagi yang mau liburan kemari tidak perlu pusing mau cari penginapan. Satuhal yang harus diketahui apabila mau liburan ke bagan siapiapi, di sini tidak ada angkot maupun becak dayung. Kebanyakan orang naik motor atau becak mesin atau jalan kaki. 

Bagan siapiapi mempunyai keunikan tersendiri. Ketika di bagan melihat mereka berbicara serasa berada di negara taiwan karena bahasa hokkian yang dipakai seperti yang di daaitv. Bagi saya itu sesuatu yang wow banget.. Orang bagan pada ramah, baik dan mempunyai rasa kekeluargaaan yang tinggi apalagi kalau bertamu, mereka dengan hangatnya welcome kita(serasa  dirumah sendiri). 


Kota Bagan tidaklah besar, hiburan pun tidak banyak seperti di medan atau jakarta yang ada minimal 3 or 4 mall. 
Disana tidak dijumpai mall yang ada hanya indomaret atau alfamid(alfamart). Warga disini biasanya menghabiskan waktu dengan naik motor dengan teman keliling jalan di Bagan sekalian sambil bincang bincang. Selain itu, pada malam hari biasanya mereka kerumah teman untuk karaoke. Ngomong2 soal rumah, di bagan rata rata rumah masih terbuat dari kayu dan di depan, belakang atau dalam rumah ada minimal 2 tong besar untuk menampung air (seperti gambar).





Kenapa sih mau ke bagan? Toh tidak ada mall dan tempat wisata yang lain, lagian disana panas banget begitu keluar sebentar panasnya menusuk sampai tulang. Why Why Why????? Alasannya karena makanannya. Bagan itu terkenal akan kelezatan makanannya. Kulinermya sudah terkenal dimana mana.. Asal ngomongin bagan teringat kari peng, ke mi, kokikue dan masih banyak lagi. 



 






Sedapnyo.. maknyoss.. I Love it...

Don't worry makanan disini masih terjangkau kantong yang penting ga masuk ke restoran masih aman.

Tiba waktu mau pulang serasa tak rela meninggalkan kota ini... apalagi pulang tanpa bawa ole2 tak lengkap rasanya.. Nah kalau mau beli ole2 ada beberapa yang bisa dijadikan note utk dibeli yaitu chuikaoso, kacang pukul, permen kelapa, sowako, kue putu, tausa pia, mie sua, dll. Tapi pada umumnya orang pada beli itu termasuk saya. Sampai jumpa Bagan see you next time..


No comments:

Post a Comment